Tuesday, September 13, 2016

MAHKOTA NEGARA INDONESIA

MAHKOTA NEGARA MARITIM Mengasah permata untuk mahkota TNI AL merupakan judul yang ada dari sebuah artikel berbahasa Spanyol yang b... thumbnail 1 summary

MAHKOTA NEGARA MARITIM

kapal latih kri bima suci


Mengasah permata untuk mahkota TNI AL merupakan judul yang ada dari sebuah artikel berbahasa Spanyol yang beredar di negara Spanyol, tentang tuntutan kualitas seni yang tinggi dari pihak TNI AL terhadap kapal latih bertiang tinggi yang dipesan Indonesia dari salah satu galangan kapal yang terletak di kota Vigo, negara Spanyol, untuk menggantikan KRI DEWA RUCI.
Kapal Tiang Tinggi KRI Dewa Ruci
Mendapat tantangan hebat dari sebuah negara maritim yang juga hebat untuk membuat suatu Kapal tempat Kadet TNI AL berlatih yang diberi nama KRI BIMA SUCI, membuat pihak galangan kapal harus lebih selektif dalam memilih designer kapal yang akan dibangunnya..! Alhasil, pihak galangan kapal Freire pun harus mendelegasikan tugas kepada banyak ahli yang lebih kompeten..! Sungguh merupakan hal yang selama ini tidak pernah mereka alami..!
kabin KRI BIMA SUCI

Freire Shipyard merekrut beberapa maestro dibidangnya untuk mengerjakan project yang disebutnya sebagai extraordinary project..! Bahkan pihak MAN Diesel and Turbo yang ditunjuk langsung oleh pihak Indonesia untuk membangun mesin kapal yang akan dicangkokkan ke dalamnya, sempat geleng-geleng dan menyebutnya sebagai pekerjaan 'unusual'..! 

RUANG PERTEMUAN KRI BIMA SUCI
Bukan hanya itu, karena kapal ini direncanakan oleh TNI AL akan lebih sering mengelilingi dunia, maka pihak shipyard sempat meminta dukungan logistik dari Indonesia, berupa material kayu tropis terbaik yang kita miliki..! Untuk hal satu ini, pihak TNI AL pun berjibaku untuk memilih kayu-kayu terbaik di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera hingga ke Papua..! Saat disodorkan kayu-kayu terbaik dari Indonesia, pihak galangan kapal kembali geleng-geleng saat mendapati kayu yang dikirim ternyata tidak bisa dipotong oleh gergaji kayu yang biasa digunakannya..! Alhasil, semua equipment yang digunakan untuk pengerjaan material kayu dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sama dengan pengerjaan material baja atau logam..!
RUANG DALAM KRI BIMA SUCI

Untuk interiornya, Freire menunjuk pihak Oliver yang telah terkenal sebagai designer kapal-kapal mewah pesanan para milyarder dunia dan para raja di Timur Tengah..! Pihak Oliver menurunkan 30 orang staf, dan harus mengerjakannya hampir selama 1 tahun..! Hal yang konon tidak pernah dialami dalam setiap pemesanan kapal milik sebuah angkatan perang..!

RUANG DALAM KAMAR KRI BIMA SUCI
Mengapa Indonesia memesan kapal latih Angkatan Lautnya hingga semewah itu..? Alasannya tak lain adalah karena kapal itu nantinya bukan sekedar berperan sebagai kapal latih, melainkan juga akan berperan sebagai kapal pembawa misi diplomasi dan budaya Indonesia. Kapal KRI Bima Suci akan menjadi The Pavilion of Indonesia, yang mengitari lautan dunia, untuk menyemai damai..! Kelak, 200 awak kapal yang ada di dalamnya, bisa dengan bangga mempresentasikan Indonesia di setiap pentas dunia yang dikunjunginya..! Semoga permata itu kian bersinar dan mampu membawa terang mahkota bangsa

Semoga mampu membangkitkan minat kelautan kepada para pemuda-pemuda Indonesia, bahwa dahulu nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut
semoga disetiap dada rakyat Indonesia tersemat rasa optimis dan bangga
dan berkata..."Perkenalkan..... aku anak Indonesia."





sumber: Yayan S, google, wikipedia, dll

No comments

Post a Comment