Selasa, 06 September 2016

PRESTASI ANAK BANGSA

DAMN I LOVE INDONESIA Berikut adalah lanjutan artikel Pendidikan Cinta Tanah Air meliputi PRESTASI ANAK BANGSA yang dihimpun dari berb... thumbnail 1 summary

DAMN I LOVE INDONESIA


Berikut adalah lanjutan artikel Pendidikan Cinta Tanah Air meliputi PRESTASI ANAK BANGSA yang dihimpun dari berbagai sumber :

7. Mr. CRACK ( BACHARUDIN JUSUF HABIBIE)

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah seorang pemuda yang lahir di Pare-pare Propinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936.
BACHARUDDIN "Mr. CRACK" JUSUF HABIBIE
Karena kemauan, kerja keras dan kejeniusan dari pemuda Bacharuddin Jusuf Habibie ini, Pada tahun 1956 beliau mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar di Technische Hochschule Die Facultaet Fue Maxhinenwesen, Aachen, Jerman. Selama 1 tahun sebelumnya, Bacharuddin Jusuf Habibie tercatat menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah mendapat gelar Diploma Ingenieur jurusan konstruksi pesawat terbang, maka pada tahun 1960, sambil tetap melanjutkan kuliahnya, Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi asisten Riset Ilmu Pengetahuan Institut Konstruksi Ringan di kampus beliau. 

Mr. crack
Di Jerman, Bacharuddin Jusuf Habibie bekerja di Hamburg Flugzeugbau). Di perusahaan Hamburg Flugzeugbau ini Bacharuddin Jusuf Habibie mendapat tugas untuk membantu memecahkan persoalan yang sedang dihadapi perusahaan, yaitu persoalan menyangkut kestabilan konstruksi di bagian-bagian pesawat terbang F28 yang saat itu sedang dikembangkan oleh perusahaan. Perusahaan mengalami masalah mengenai kestabilan konstruksi dibagian ekor pesawat. Saat Bacharuddin Jusuf Habibie turut menangani, maka hanya dalam tempo 6 bulan saja, Bacharuddin Jusuf Habibie dapat memecahkan masalah yang sebelumnya perusahaan tersebut mengalami jalan buntu untuk memecahkan masalah tersebut.

PLANE CRACK
Berbekal pengalaman kerja dan kejeniusan dari seorang Bacharuddin Jusuf Habibie ini, ketakutan industri industri pesawat terbang akan seringnya kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh kerusakan konstruksi pesawat berlahan-lahan mulai sirna. Hal ini dikarenakan Bacharuddin Jusuf Habibie berhasil menemukan Teori Crack Progression, atau lebih dikenal dengan Teori Habibie, Faktor Habibie, dan Metode Habibie. 

RETAK BODI PESAWAT
Kelelahan (Fatique) pada bodi pesawat yang mana titik kerawanan ini sering terjadi di sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang, atau antara sayap dan dudukan mesin. Sebab elemen inilah yang secara terus menerus mendapat guncangan keras, baik ketika pesawat hendak mengudara (take off) maupun pesawat hendak mendarat (landing). Bagian sambungan ini sering dan terus menerus menerima tekanan udara (uplift) yang besar, yang pada akhirnya menimbulkan keretakan yang sulit diprediksi. Berkat Teori Crack Progession yang dicetuskan oleh Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan BJ Habibie (Presiden RI-3) inilah, keretakan lebih bisa diprediksi, sehingga dapat menekan biaya pembuatan pesawat dan operasional pesawat, serta keamanan pesawat

8. KHOIRUL ANWAR "PENEMU KONSEP IMPLEMENTASI 4G LTE"

Khoirul Anwar lahir pada tanggal 22 Agustus 1978, lulus Sekolah Dasar (SD) pada tahun 1990.

4G LTE KHOIRUL ANWAR
Putra dari pasangan (almarhum) Sudjianto dengan Siti Patmi ini berotak encer. Khoirul Anwar endapat beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan S1 selama 4 tahun berturut-turut, untuk menyelesaikan pendidikan S2, Khoirul Anwar mendapat beasiswa dari Panasonic dan untuk menyelesaikan pendididkan S3, Khoirul Anwar mendapatkan beasiswa dari perusahaan Jepang. Khoirul Anwar adalah Alumni Teknik Elektro ITB dengan Cumlaude di tahun 2000, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute Of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar Master di tahun 2005 serta Doktor di tahun 2008 di kampus yang sama. 

PENEMU DARI INDONESIA
Selain dosen sekaligus peneliti yang bekerja di Laboratorium Information Theory and Signal Processing, Japan Advanced Institute Of Science and Technology, Khoirul Anwar juga sering didaulat memberi ceramah agama di Jepang, bahkan menjadi Khatib Sholat Idul Fitri.
Khoirul Anwar merupakan penemu dan pemegang paten teknologi pemancar yang menggunakan konsep dua FFT (Fast Fourier Modulation), untuk dipakai pada metode SC-FDMA, dalam proses Uplink 4G LTE (Long Term Evolution). Kombinasi dari OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dengan teknik FFT (Fast Fourier Modulation) melahirkan Single Carrier-Frequency Division Multiple Access (SC-FDMA). Khoirul Anwar menemukan satu teknik dari banyak teknik lainnya yang bisa dipakai untuk mengimplementasikan satu (diantara beberapa) komponen dari OFDM yang didiskripsikan di dalam spesifikasi LTE.




sumber : google, wikipedia, ppiyungan, dll

Tidak ada komentar

Posting Komentar