Sabtu, 24 September 2016

TUTORIAL CARA PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL

TUTORIAL CARA PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL Dalam membuat Soal Tes Tertulis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan: BENTUK T... thumbnail 1 summary

TUTORIAL CARA PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL

CARA MEMBUAT KISI-KISI PENILAIAN

Dalam membuat Soal Tes Tertulis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

BENTUK TES TERTULIS
SKOR OBJEKTIF
SKOR SUBJEKTIF
ISIAN
PILIHAN
- Uraian
- Jawaban Singkat
- Pilihan Ganda
- Projek
- Melengkapi
- Benar Salah
- Tugas
- Mengidentifikasi Masalah
- Menjodohkan
- Studi Kasus

- Sebab Akibat


Sedangkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang suatu soal:
BAGAN MERANCANG SOAL
Adapun distribusi untuk jawaban dan tingkat kesukaran untuk butir objektif dengan perbedaan jumlah pilihan dalam tes prestasi belajar siswa adalah:

BAGAN TES PRESTASI BELAJAR

PRINSIP PENULISAN SOAL:

1. VALID

  • Mengujikan materi/kompetensi yang tepat

2. RELIABEL
  • Konsisten hasil pengukurannya
3. FAIR (Tidak merugikan pihak tertentu)
  • Jujur (Honesty)
          - Tingkat kesukaran soal itu sama dengan kemampuan peserta didik
          - Tidak menjebak
          - Materi yang diujikan sesuai dengan jenis tes dan bentuk soal yang digunakan
          - Menetapkan penskoran yang tepat
  • Seimbang (Balance)
         - Materi yang diujikan itu sama dengan materi yang diajarkan
         - Waktu untuk mengerjakan sosal sesuai
         - Mengurutkan soal dari yang mudah ke yang sukar
         - Mengurutkan level kognitif dari yang rendah ke yang tinggi
         - Mengurutkan/mengelompokkan jenis bentuk soal yang digunakan
  • Organisasi
        - Jelas petunjuk dan perintahnya
        - Urutan materi dalam tes itu sama dengan urutan materi yang diajarkan
        - Layout soal jelas dan mudah dibaca
        - Berpenampilan profesional

4. TRANSPARAN 

  • Jelas apa yang diujikan, tugasnya, dan kriteria penskorannya
5. AUTENTIK 
  • Harus hasil kerja peserta didik dan sesuai dengan dunia nyata.

LANGKAH-LANGKAH PENULISAN

  1. Menentukan tujuan tes
  2. Menetapkan materi
  3. Menyusun kisi-kisi
  4. Menulis butir soal dan kunci jawaban/pedoman penskorannya berdasarkan kaidah penulisan
  5. Menelaah soal (validasi soal) dan mengecek kebenaran kunci jawabannya
  6. Merakit soal menjadi perangkat tes (termasuk merandom kunci jawabannya untuk bentuk objektif)

KISI-KISI TES

Kisi-kisi (Test blue-print atau table of specification) :

Deskripsi mengenai ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan

Tujuan Penyusunannya :

Untuk menentukan ruang lingkup dan tekanan tes yang setepat-tepatnya, sehingga dapat menjadi petunjuk dalam menulis soal.

Fungsinya:

Sebagai pedoman penulisan soal dan perakitan tes

Wujudnya:

Dapat berbentuk format atau matrik


PENILAIAN AKHIR SEMESTER

SYARAT KISI-KISI YANG BAIK

1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan
2. Komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami
3. Soal-soalnya dapat dibuatkan sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang diterapkan

KRITERIA KOMPETENSI/MATERI PENTING

1. Urgensi

KD/Indikator/Materi yang secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh siswa

2. Kontinuitas

KD/Indikator/materi lanjutan yang merupakan pendalaman materi sebelumnya

3. Relevansi

Yang diperlukan untuk mempelajari dalam bidang studi lain

4. Keterpakaian

Memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari


KATA KERJA OPERASIONAL YANG HARUS DICERMATI

KKO

SYARAT INDIKATOR SOAL YANG BAIK

  1. Memuat KD/Indikator/Materi yang hendak diukur
  2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (Pilihan Ganda=1, Uraian/Praktik lebih dari 1)
  3. Berkaitan erat dengan indikator/materi
  4. Dapat dibuatkan soalnya

PILIHAN KATA KERJA

KATA KERJA UNTUK PILIHAN GANDA

DISARANKAN (hanya 1)
  1. Menentukan
  2. Menyebutkan (tes lisan)
  3. Menghitung
  4. Membedakan
  5. Menunjukkan
  6. . . .
DIHINDARI
  1. Memahami
  2. Mengerti
  3. Mengetahui
  4. Menuliskan
  5. Mempraktikkan
  6. . . .

KATA KERJA UNTUK URAIAN

DISARANKAN (Boleh >1)
  1. Menuliskan
  2. Menjelaskan
  3. Menghitung
  4. Menguraikan
  5. Memberi contoh
  6. . . .
DIHINDARI
  1. Memahami
  2. Mengerti
  3. Mengetahui
  4. Mendemonstrasikan
  5. Mempraktikkan
  6. . . .

KATA KERJA UNTUK PRAKTIK

DISARANKAN (Boleh >1)
  1. Mempraktikkan
  2. Mendemonstrasikan
  3. Mempresentasikan
  4. Mendeklamasikan
  5. Melakukan tugas
  6. . . .
DIHINDARI
  1. Memahami
  2. Mengerti
  3. Mengetahui
  4. . . .

TANDA BACA

  1. Tanda Elipsis (. . .) dan tanda akhir kalimat (.), (!), (?)
  2.  . . . lah . . . ! seperti: Tulislah . . . ! Hitunglah . . . ! Jelaskan . . . !
  3. Apakah . . . ? Kapan . . . ? Mengapa . . . ?
  4. Setelah tanda (!), (?) tidak diberi tanda elipsis (. . .) atau titik (.)

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PILIHAN GANDA

KELEBIHAN

  1. Mudah koreksinya
  2. Waktu koreksi lebih cepat
  3. Mencover materi lebih luas
  4. Mudah dianalisis
  5. Dapat menjangkau lebih banyak materi/kompetensi yang akan diukur
  6. Lebih efisien dalam menilai
  7. Dapat mengkover materi yang lebih luas/dapat mencakup hampir seluruh SK, KD
  8. Mudah dianalisis butir soalnya dengan software tertentu
  9. Jawaban yang benar hanya satu
  10. Siswa lebih mudah mengerjakan
  11. Penyelesaian soal lebih sederhana
  12. Mudah dibuat online
  13. Soal dapat disusun bervariasi berdasarkan indikator yang sama
  14. Bisa dijawab dalam waktu singkat

KELEMAHAN

  1. Membuat soal memerlukan waktu yang lama
  2. Sulit membuat pengecoh
  3. Lebih bersifat subjektif (siswa menjawab bersifat tebak-tebakan)
  4. Tidak dapat mengetahui proses/langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan soal
  5. Memungkinkan jawab spekulasi
  6. Memungkinkan adanya kebocoran yang mudah
  7. Mudah ditebak jawabannya oleh siswa
  8. Rawan bocor apabila hanya membuat 1 set soal untuk kelas paralel
  9. Kesulitan menulis/membuat soal untuk analisis dan sintesis
  10. Memerlukan banyak biaya karena membutuhkan kertas penggandaan yang lebih baik
  11. Hasil skor yang tinggi belum tentu dari kemampuan sebenarnya (betul jawaban karena kebetulan)
sebaran kunci jawaban




























Tidak ada komentar

Posting Komentar